Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Bojonegoro pada minggu lalu, tepatnya tanggal 9 hingga 10 Desember mendapat undangan kehormatan untuk menghadiri acara Global Presidential Summit Forum di National Pingtung University Taiwan (NPTU) yang juga dalam rangka anniversary atau dies natalis NPTU, dengan dua agenda utama yaitu Global Presidential Summit Forum dan International Conference dengan tema ‘the future of university‘.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Perguruan Tinggi (PT) yang bermitra dengan NPTU dari seluruh dunia, di antaranya PT dari Indonesia, Korea, Jepang, Taiwan, Thailand, Malaysia, Rusia, Amerika dan lainnya. Pada kesempatan itu juga membahas tantangan dan peluang perguruan tinggi ke depan.

Perwakilan kampus IKIP PGRI Bojonegoro, Ali Ghufron mengatakan, kehadiran IKIP di salah satu kampus yang ada di Taiwan adalah bentuk jawaban atas tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), selan itu juga IKIP berkesempatan menjalin mitra dengan berbagai kampus yang hadir dalam kegiatan tersebut.

“Besar harapan IKIP PGRI Bojonegoro untuk mampu berkiprah lebih luas lagi baik di tingkat nasional maupun internasional,” jelas doktor muda tersebut.

Setelah dari Taiwan, menurut Ali, rencananya akan ada kegiatan lanjutan yang diselenggarakan di tanah air bersama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang juga bermitra dengan NPTU, yaitu mengadakan kegiatan students and lecturers exchange dengan fokus pada pembelajaran budaya dan pengalaman mengajar.

“Selain itu, ke depan juga akan digagas sebuah international conference,” papar Ali Ghufron yang juga alumni MA Attanwir Talun Sumberrejo kepada blokBojonegoro.com.

Terpisah, Rektor IKIP PGRI Bojonegoro, Sujiran mengatakan, tentu kegiatan di National Pingtung University Taiwan sangat bagus dan bermanfaat, khususnya bagi IKIP PGRI Bojonegoro, yang mana merupakan sebuah lembaga yang sedang berkembang menuju perguruan tinggi kelas nasional dan global.

“Ini merupakan salah satu upaya IKIP untuk ‘go international‘ sehingga mampu turut andil berkiprah di dunia luar. Diharapkan dengan kegiatan semacam ini IKIP PGRI Bojonegoro akan menjadi lebih baik dan lebih maju serta unggul dalam mencetak lulusan yang profesional,” tegas Sujiran. [mu]

*Berita ini sudah diunggah di media online www.blokBojonegoro.com yang sudah terverifikasi Dewan Pers,  dan penulis  adalah mahasiswa UKM Jurnalistik IKIP PGRI Bojonegoro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *