IKIP PGRI Bojonegoro menggelar Workshop Internal Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi ( SISTER) Selasa, (19/02/2019), di kampus setempat.

Acara berlangsung mulai pukul 10.00  hingga 15.00 WIB, dikuti seluruh dosen dan diisi langsung oleh Cahyo Hasanudin, Ayis Crusma Fradani, Dian Nurul Safitri, Dwi Erna Novianti dan Puput Suriyah sebagai tutor, yang juga merupakan Dosen IKIP PGRI Bojonegoro.

SISTER adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian RISTEKDIKTI Republik Indonesia. Di mana aplikasi tersebut dapat membantu dosen untuk mengamankan dokumen.

Seringkali data-data formal masih tercecer dan sulit ditemukan ketika dibutuhkan. Melalui SISTER, setiap dosen dapat membangun portofolio yang mengkompilasikan seluruh aktivitas tridarma yang pernah dilakukannya.

Melalui SISTER juga, portofolio tersebut dipakai untuk proses-proses pengembangan karir dosen. Data yang ada di portofolio dapat diklaim dalam proses penilaian angka kredit, sertifikasi dosen dan proses lainnya. Kemudian asesor / reviewer melakukan penilaian aktivitas dan produk yang telah diklaim tersebut. Dan semua aktivitas pengajaran tidak perlu diisikan ulang di SISTER karena telah terintegrasi dengan PD-Dikti.

Maka dari itu, dengan adanya aplikasi ini sangat membantu para dosen dalam hal pengajuan jabatan fungsional, kontrak dan laporan Beban Kerja Dosen (BKD) dan juga lainnya.

“Tujuan diadakan workshop ini adalah mensosialisasikan kepada para dosen terkait penggunaan aplikasi SISTER,” kata salah satu tutor dalam workshop ini, Puput Suriyah.

Kegiatan tersebut di bagi menjadi dua sesi, di mana sesi pertama adalah untuk dosen Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) dan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS). Kemudian sesi ke dua untuk Dosen Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS).

“Dengan diselenggarakannya workshop internal seperti ini, bisa memberikan pemahaman lebih mendalam terkait aplikasi baru sister dari DIKTI,” terang Ari Indriani, salah satu Dosen dari Prodi Pendidikan Matematika.

Tak hanya pemaparan materi tentang penggunaan aplikasi, Cahyo hasanudin salah satu tutor dalam workshop internal ini juga mengunggah video dalam chanel youtubenya, yang berisikan panduan menggunakan aplikasi SISTER tersebut.

 

 

*Berita ini sudah diunggah di media online www.blokBojonegoro.com yang sudah terverifikasi Dewan Pers,  dan penulis  adalah mahasiswa UKM Jurnalistik IKIP PGRI Bojonegoro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *