Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (HIMEK) IKIP PGRI Bojonegoro mengadakan webinar kewirausahaan yang dibuka untuk umum melalui zoom meeting, Kamis (25/2/2021).

Menggandeng Kabid Usaha Mikro, Dinas Perdagangan Kabupaten Bojonegoro, Dra. Daimatin, M.M dan entrepreneur muda Agitya Kristantoko sebagai pemateri, diharapkan webinar ini dapat memberi bekal ilmu kepada peserta.

Kabid Usaha Mikro, Dinas Perdagangan Kabupaten Bojonegoro, Daimatin mengungkapkan, peran pemerintah daerah dalam menumbuh kembangkan entrepreneur muda yang kreatif di tengah pandemi ini salah satunya dengan memberikan fasilitator kepada pengusaha.

Dengan adanya fasilitator berupa KPP (Kartu Pedagang Produktif) pelaku usaha atau enterpreneur dapat mengembangkan usahanya.

“Diberikannya KPP (Kartu Pedagang Produktif) bertujuan untuk pemberdayaan usaha ultra mikro,” ungkap Kabid Usaha Mikro, Dinas Perdagangan Kabupaten Bojonegoro.

Agitya Kristantoko merupakan entrepreneur muda Bojonegoro. Tyok sapaan hangatnya dulu seorang mahasiswa yang bekerja di salah satu Universitas Swasta di Jawa Timur dan pulang menjadi petani. Dengan keseriusannya ia memperoleh penghargaan sebagai duta petani milenial oleh Kementerian Pertanian (Kementan) dengan usahanya Omah Menyok.

“Omah menyok adalah olahan hasil pertanian terpadu dimana ada UD. Gading untuk pemasaran produknya, kemudian ada P4S Gading sebagai pusat pelatihan dan pemagangan, ada Agro Edukasi Omah Menyok untuk mendidik dan mengajari anak-anak tentang olahan pangan lokal dan juga ada budidaya singkong serta sayuran yang dibagikan gratis kepada masyarakat,” jelas entrepreneur muda asal Kecamatan Dander ini.

Ketua HIMEK, Ricky Wahyu Rudiansyah mengungkapkan, adanya webinar ini diharapkan peserta dapat termotivasi dan lebih berani dalam terjun di dunia wirausaha.

“Kami mengundang dari pemerintah agar para calon wirausahawan tidak berkecil hati, bahwasannya wirausahawan juga diperhatikan oleh Pemda,” kata ketua HIMEK ketika dihubungi jurnalis Sinergi.

Apalagi dunia sedang mengalami krisis imbas dari wabah covid-19. Menjadi wirausaha dapat membuka lapangan kerja secara mandiri, dengan inovasi dan kreativitas yang unik berwirausaha dapat menghasilkan keuntungan finansial.

“Webinar ini adalah salah satu langkah persiapan. Kalau kita mau jadi tuan di rumah kita sendiri, kita harus persiapan dan melakukan. Jangan malas-malasan,” imbuhnya.

Elia Dea Saputri, selaku ketua panitia berharap agar kedepannya Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi dapat membuat acara lagi yang inspiratif atau bahkan membuat sebuah event yang dapat menarik minat siswa-siswi SMA untuk mendaftar ke IKIP PGRI Bojonegoro dan menjadi keluarga besar Prodi Pendidikan Ekonomi. [sinergi/humas]

 

*Berita ini sudah diunggah di media online www.blokBojonegoro.com yang sudah terverifikasi Dewan Pers,  yang telah  bekerjasama dengan Humas dan UKM Jurnalistik “Sinergi” IKIP PGRI Bojonegoro