Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika (HIMMAT) IKIP PGRI Bojonegoro telah sukses mengadakan final math competition 2021 pada Rabu, 7 April 2021.

Sebelumnya telah dilakukan babak penyisihan pada tanggal 25 Maret 2021 yang diadakan secara online atau daring. Dan diambil 10 siswa dengan nilai tertinggi untuk masuk ke babak final.

Acara yang berlangsung secara offline tepatnya di Auditorium IKIP PGRI Bojonegoro, yang dihadiri oleh Rektor IKIP PGRI Bojonegoro, Dekan FPMIPA, Kaprodi, juga 10 peserta final yang telah lolos dari babak penyisihan. Mengingat dalam kondisi pandemi, final math competition 2021 ini hanya dihadiri oleh beberapa panitia saja yang bertugas dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Matematika Dr. Anita Dewi Utami, M.Pd, sangat mendukung kegiatan math competition 2021 dengan catatan setiap kegiatan di lakukan sesuai dengan protokol kesehatan. Karena kreativitas mahasiswa dan siswa perlu diperhatikan dan terus dikembangkan.

“Mengingat acara math competition ini adalah acara tahunan HIMMAT. Saya rasa tidak ada masalah asal kegiatan tersebut sesuai dengan protokol kesehatan”, ucap Dr. Anita Dewi Utami, M.Pd.

Salah satu tujuan Math Competition 2021 ini, dapat memberikan dampak positif yaitu melatih siswa dengan mengembangkan kualitas pendidikan khususnya di Bojonegoro dan sekitarnya.

“Saya berharap HIMMAT akan terus melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Bojonegoro dan sekitarnya. Semoga kegiatan ini bisa menjadi kegiatan rutin yang terus ada dan memberi dampak positif untuk HIMMAT dan IKIP PGRI Bojonegoro”, harapnya.

Ketua HIMMAT IKIP PGRI Bojonegoro, Rista Aprilia merasa senang dan bangga kepada teman-teman panitia dan semua pihak yang membantu dalam kegiatan, karena di masa pemulihan covid ini HIMMAT bisa mengadakan kegiatan yang cukup besar.

“Harapannya semoga dengan diadakannya kegiatan ini bisa membuat semangat teman-teman semua untuk ke depannya. Semoga tahun depan math competition tidak hanya tingkat SMA sederajat saja melainkan bisa mulai dari SD sampai SMA”, harap Rista Ketua HIMMAT periode 2020-2021.

Setiap proses pasti ada kendala begitu juga dengan acara math competition 2021 demi memberikan wadah kepada siswa siswi SMA sederajat khususnya di wilayah Jawa Timur yang suka atau gemar dengan matematika bisa mengembangkan bakatnya melalui kegiatan ini. Rintangan yang ada pada saat pelaksanaan Math Competition dapat mudah dilalui.

“Kendala yang paling utama ada pada sistem. Apalagi math competition 2021 ketiak babak penyisihan dilakukan secara daring”, jelasnya.

Sementara itu, Fikri selaku ketua panitia menyampaikan bahwa Math Competition 2021 bertujuan untuk mengasah siswa untuk menuju generasi yang unggul dan berdaya saing. Selain itu memberikan kontribusi bagi kemampuan pengembangan pendidikan matematika.

Dari hasil final tersebut diambil tiga besar pemenang. Juara pertama diraih oleh Widya Ningrum dari SMAN 1 Kalitidu, juara kedua diraih oleh Alifia Wahyu Nur Rakhma dari SMAN 2 Bojonegoro dan juara tiga diraih oleh Fathia Nur Maghfiroh dari SMAN 2 Bojonegoro.

Widya Ningrum putri dari bapak Suparno dan ibu Rastini tidak menyangka bisa memenangkan lomba math competition 2021. “Saya tidak menyangka sekali, soalnya pas selesai mengerjakan saya cek lagi ada yang salah rumus. Rasanya pengen ngulang lagi. Tapi LJK sudah dikumpulkan, ya ndak bisa lagi” Ungkap Widya sang juara math competition 2021

Ia juga mengatakan bahwa menang kalah adalah hal yang biasa, dan ini belum apa-apa. Setelah mengikuti math competition ini, selanjutnya akan mencoba lomba-lomba yang akan mendatang, sehingga menambah wawasan untuk dirinya kelak di masa depan.

 

*Berita ditulis atas kerjasama Humas dan UKM Jurnalistik “Sinergi” IKIP PGRI Bojonegoro